4 Cara Mengatasi Fret Buzzing/Tidak Bunyi pada Gitar dan Bass

Bagi anda para gitaris/bassis atau baru belajar gitar/bass pasti menginginkan peforma gitar/bass yang maksimal, agar ketika kita memainkann...

Bagi anda para gitaris/bassis atau baru belajar gitar/bass pasti menginginkan peforma gitar/bass yang maksimal, agar ketika kita memainkannya begitu nyaman, enak dan pastinya tidak fals.


Gitar/bass yang mempunyai fret akan lebih mudah dimainkan dibandingkan dengan model fretless. Contoh awamnya biola, biola tidak memiliki fret. Jadi pemain biola harus tahu betul posisi mana yang menghasilkan nada yang tepat. Gitar/bass yang mempunyai fret sebenarnya sangat membantu untuk memisahkan antara nada satu dengan nada lainnya (sebagai sekat antar nada). Namun bila posisi fret tidak presisi serta ketinggian fret tidak rata maka akan sangat menyusahkan ketika dimainkan.

Fals parah, cukup sial
Sebelumnya saya akan menceritakan pengalaman bermusik saat masih sekolah. Waktu itu pada saat acara perpisahan sekolah. Kebetulan saya dan teman-teman menjadi salah satu band pengisi, lewat sebuah audisi yang cukup panjang. Singkat cerita, saat hari H saya dipinjami gitar milik teman saya. Teman saya bilang gitar tersebut tidak seenak gitar lainnya. Tanpa mengecek performa gitar terlebih dahulu (positif thinking), langsung saja saya mencobanya saat diatas panggung.

Pada awal lagu ketika hanya untuk Rhythm tampak masih enak, tetapi saat saya memainkan sebuah melodi pada kolom fret ke-12 keatas, wow parah banget Falsnya!!! Saya berusaha tetap tenang dan menyelesaikan lagu pertama (waktu itu membawakan lagu milik band UK: Muse). Setelah lagu pertama usai, saya coba tuning ulang dan hasilnya normal. Pertunjukan masih berlangsung dan di lagu kedua hasilnya juga sama, Fals!!! Cukup sial.

Saya tidak habis pikir dan agak kecewa. Mungkin perkataan teman saya benar “gitar tersebut tidak seenak gitar lainnya” mungkin mempunyai arti lebih dari itu. Setelah kejadian tersebut, saya sadar bahwa gitar tersebut salah satu kolom fretnya tidak berbunyi, sehingga nada yang dihasilkan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan (fals).

Tidak ingin mengalami kesalahan teknis
Saya tidak ingin generasi penerus mengalami kesalahan teknis yang sama dengan apa yang saya rasakan. Oleh karena itu saya akan menjelaskan cara mengatasi masalah fret buzzing atau bahkan tidak bunyi pada gitar/bass.

Baca Juga:
Belajar "Javanese Scale" Tangga Nada Khas Indonesia"
Penerapan "Javanese Scale" Pada Piano / Keyboard

Penyebab fret buzzing, tidak bunyi

1. Neck gitar tidak lurus (bengkok)

Sifat alamiah kayu yang adaptif. Kayu akan beradaptasi pada iklim, kelembaban sehingga akan membuat kayu akan bengkok. Contoh awamnya pada pintu rumah kita, mungkin pada saat kemarau pintu rumah tampak pas ketika ditutup, namun ketika musim hujan tiba-tiba pintu rumah akan seret atau bahkan tidak muat ketika pitu ditutup.

Selain itu, ketegangan senar juga berpengaruh terhadap kelurusan neck. Semakin tegang senar gitar kita maka semakin kuat daya tarik menarik pada neck. Jadi ketika tesnsion/ketegangan tinggi maka beban neck akan semakin besar dan lebih berpotensi bengkok. Bila neck bengkok maka ketinggian fret juga akan berubah.

Catatan:
Senar beraneka ragam ada yang high tension, medium/normal ada juga yg low. Pilihlah yang sesuai dengan gaya bermain anda. Kayu punya sifat adaptif, Jadi semua gitar mempunyai potensi bengkok pada neck.

2. Dalam keadaan normal, ketinggian fret tidak rata

Bila neck sudah lurus tetapi masih dijumpai fret yg tidak rata akan mengganggu fret-fret lainnya. Contoh ilustrasi


Fret tidak rata menyebabkan bunyi buzzing dan yang lebih parah nada pada kolom fret tertentu tidak berbunyi, malah yang berbunyi nada disebelahnya. Untuk masalah ini ada beberapa kemungkinan:

Bila gitar baru, maka gitar tersebut termasuk produk gagal dan belum lolos quality control. Ini yang membedakan gitar pabrikan/profesional dengan gitar handmade pemula. Pada gitar professional/pabrikan ada alat untuk memasang dan alat penekan fret agar ketinggian fret sama (rata). Sedangkan gitar handmade buatan pemula tidak demikian, hanya mengandalkan palu dan kekuantan tangan. Kekuatan tekanan saat memasang fret menggunakan palu bisa saja berbeda antara fret pertama dengan yang kedua atau seterusnya. Hal inilah yang menyebabkan ketinggian fret tidak rata.

Bila gitar tersebut umurnya sudah tua/lama. Mungkin saja fretnya sudah terkikis oleh senar. Senar yang kualitasnya buruk selain mudah putus juga menyebabkan fret mudah terkikis.

Catatan:
Tidak semua gitar handmade itu pemula, karena sekarang para produsen rumahan sudah memiliki alat yang canggih. Pastikan ketika membeli gitar/custom, pabrikan apa handmade. Bila handmade pastikan lagi handmadenya professional apa pemula.

Baca Juga :

"Javanese Scale" Tangga Nada Pentatonic Asli Indonesia
Penerapan "Javanese Scale" pada Pianika

4 Cara mengatasi fret buzzing dan tidak bunyi

1. Luruskan neck

Neck bengkok dapat diluruskan kembali dengan Trussrod menggunakan kunci L. Putar Trussrod menggunakan kunci L: bila cekung putar searah jarum jam. Bila cembung putar berlawanan arah jarum jam.


Anda bisa mengeceknya dengan bantuan penggaris lurus atau senar. Letakkan penggaris diatas fretboard, lihatlah dari samping apakah sudah lurus apa belum atau bisa menggunakan "senar", senar dengan tuning normal akan lurus. gunakan teori “kesejajaran” antara senar dengan neck. Tekan senar pada kolom pertama dan pada kolom terakhir, lihat apakah senar dengan neck sudah sejajar? Bila belum putar lagi, bila sudah ya berarti sudah lurus.

Catatan:
Kunci L bisa dibeli di toko musik, bengkel motor dan online shop. Ukuran kunci L untuk trussrod: 4mm. Bila menggunakan pendekatan kelurusan senar, jangan dilakukan dengan kondisi senar tuning kendor karena senar tidak lurus. Bila kondisi neck bengkok cekung maka sebaiknya tuning senar diturunkan setengah nada, agar ketika neck diluruskan senar tidak mudah putus.

2. Check Ketinggian fret

Bila neck sudah lurus tapi masih saja bunyi buzzing atau bahkan tidak berbunyi. Maka harap cek ketinggian fret. Gunakan cara no 1 dengan penggaris lurus atau dengan teori kesejajaran senar. Bisa memakai penggaris lurus atau bisa juga menggunakan senar.

Letakkan penggaris pada fretboard, lihat apakah ada yang tidak rata? Jika iya, maka ambil sebuah amplas, lalu amplas bagian yang tidak rata tersebut. Untuk memudahkan carilah benda berbentuk balok atau sejenisnya yang lurus, kemudian lapisi dengan amplas. Mulailah mengamplas menggunakan alat tersebut.

Catatan:
Sebelum melakukan proses amplas, sebaiknya senar dilepas terlebih dahulu. Jika fret sudah rata tapi masih buzzing/bahkan tidak berbunyi maka lanjutkan cara berikutnya.

3. Check ketinggian Bridge dan nut

Bila neck sudah lurus dan ketinggian fret rata tetapi pada kolom pertama masih buzzing/bahkan tidak bunyi maka ketinggian Nut harus dinaikkan sedikit. Bisa diganjal atau mengganti nut (dengan beli Nut yang baru).

Bila buzzing/tidak bunyi bukan hanya pada kolom pertama saja, maka periksalah ketinggian Bridge anda. Mungkin jarak antara senar dengan fret terlalu rendah/dekat. Naikkan sedikit ketinggian Bridge anda. Jika gitar/bass akustik maka gantilah bridge tersebut dengan yang baru atau bisa diganjal sedikit. Khusus gitar/bass “elektrik” bisa menggunakan kunci L ukuran kecil, lalu putar pada bagian bridge, untuk mengatur ketinggiannya.

Catatan:
Bridge dan nut bisa dibeli ditoko musik terdekat/juga bisa online shop. Sebelum mengganti nut/bridge ukurlah terlebih dahulu ketinggiannya, Nut dan Bridge yg baru umumnya masih tinggi. Bila nut/bridge yg baru terlalu tinggi bisa diamplas sedikit.

4. Fret Terkikis atau bahkan ada yang Lepas

Bila fret gitar/bass anda terkikis parah, karena faktor lamanya pemakaian atau bahkan ada fret yang terlepas, maka saya anjurkan untuk mengganti fret tersebut. Fret bisa dibeli di toko musik terdekat/online shop.

Khusus cara ini saya tidak merekomendasikan anda untuk mengganti sendiri fret tersebut. Karena butuh keahlian khusus dan ketelitian dalam mengganti fret baru. Sebaiknya bila fret sudah terkikis habis atau ada yang lepas, bawalah gitar/bass anda ke tukang servis atau juga bisa di luthier gitar.

Catatan:
Sentra pengrajin gitar ada di daerah sukoharjo, jawa tengah kecamatan baki. Disana banyak pengrajin gitar, juga melayani untuk servis gitar. Bila terlalu jauh bisa ke tukang servis/luthier terdekat. Berikut daftar daerah-daerah yang bisa anda temukan para servis gitar/bahkan luthier lokal: Jakarta, Bandung, Jogja, Sukoharjo, Solo/Surakarta, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Kudus, Malang, dsb.
penulis: deby kurniadi

COMMENTS

BLOGGER: 12
Loading...
Name

Animation,2,Epidemiologi,5,Film,3,Info Kesehatan,12,Info Music,15,IPA,10,IPS,5,K3,3,KIA,2,Lyrics & Chord,47,More,22,Music,40,Pelayanan Kesehatan,23,Psikologi,8,Sports,5,teknologi,5,Teori,1,Tips,12,tutorial,15,
ltr
item
kurniayoung.com: 4 Cara Mengatasi Fret Buzzing/Tidak Bunyi pada Gitar dan Bass
4 Cara Mengatasi Fret Buzzing/Tidak Bunyi pada Gitar dan Bass
https://4.bp.blogspot.com/-i1yQrKB2jxA/VsRBRg_keVI/AAAAAAAAA74/JetIAt1Omvc/s400/DSC00851aa.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-i1yQrKB2jxA/VsRBRg_keVI/AAAAAAAAA74/JetIAt1Omvc/s72-c/DSC00851aa.jpg
kurniayoung.com
http://www.kurniayoung.com/2016/02/2-penyebab-4-solusi-fret-buzzing-tidak.html
http://www.kurniayoung.com/
http://www.kurniayoung.com/
http://www.kurniayoung.com/2016/02/2-penyebab-4-solusi-fret-buzzing-tidak.html
true
8671682936011261400
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy